Rabu, 13 Mei 2015

GENAP 66 TAHUN MERDEKA DENGAN DUNIA ANIMASI

Genap 66 tahun sudah Negara Kesatuan Republik Indonesia tercinta ini merdeka. Sudah banyak perkembangan yang kita lalui dan kita rasakan selama 66 tahun Indonesia berdiri.
Tetapi kalau melihat dari sudut pandang industri kreatif, ternyata 66 tahun sejak kelahiran bangsa ini, masyarakat Indonesia belum banyak berkontribusi dalam upaya memajukan industri kreatif dalam negeri.


Sebagai contoh, mari kita bicarakan sedikit soal dunia animasi Indonesia.
Dunia animasi Indonesia sebenarnya sudah dimulai sejak tahun 1955 dengan penampilan film animasi Si Doel Memilih Karya karya Dukut Hendronoto yang menjadi tonggak sejarah dimulainya animasi modern di dunia perfilman Indonesia. Animasi sempat mati suri di Indonesia sampai kembali muncul di tahun 1970-an. Si Huma adalah salah satu film animasi yang cukup fenomenal saat itu. Dunia animasi kembali sepi sampai tahun 200o muncul kembali Homeland dan Janus Prajurit Terakhir. Sing to the Dawn atau yang dalam sulih bahasa berjudul Meraih Mimpi- menjadi pusat perhatian dunia hiburan dan perfilman Indonesia karena pada tahun 2009 berhasil menjadi film animasi 3D pertama yang diangkat ke layar lebar dan berhasil didistribusikan ke berbagai negara seperti Singapura, Rusia, dan Korea.

Gejolak kebangkitan ini pun dikatrol oleh banyaknya festival film animasi yang digelar dalam beberapa tahun terakhir. Mulai dari Festival Film Animasi Indonesia, Festival Animasi Nasional, Festival Animasi Indonesia, Hello;Fest, dan sebagainya. Perhelatan-perhelatan tersebut kini tidak hanya didukung oleh pencinta animasi, melainkan juga oleh beberapa perusahaan hingga departemen dan kementerian di Indonesia.

Rasanya amatlah baik bila kita ikut membantu perkembangan dunia kreatif Indonesia dengan mendukung dunia animasi secara positif dalam rangka mengisi kemerdekaan. Bila kita mampu mencintai dunia animasi Indonesia dan membantu mendorong dunia animasi ke arah yang lebih baik, bukan tidak mungkin dalam puluhan tahun (bahkan belasan tahun) kita bisa meraih kesejajaran dengan karya-karya kreator film animasi dunia. wah, mudah-mudahan saat itu segera datang ya. Jaya terus dunia film animasiku, Jaya terus Indonesiaku!!

Jayalah Terus Indonesia 
BANGSA INI SEDANG DILEMAHKAN SECARA MORALITY (MORAL), INTEGRITY (INTEGRITAS), DAN NATIONALITY (KEBANGSAAN). BANGSA SEBESAR INI DIBUAT KETERGANTUNGAN DENGAN BANGSA LAIN, APAKAH MEMANG SUDAH TIDAK ADA LAGI ANAK BANGSA SEHEBAT SOEKARNO, SUTAN SAHRIR, HOS.TJOKROAMINOTO, MOH.HATTA, YANG DISEGANI OLEH DUNIA KARENA CINTA TANAH AIRNYA..?? APA YANG SALAH DENGAN NEGERI INI ..??

Setiap warga negara Indonesia, berusaha sedapat mungkin menjauhkan semua hal yang dapat memecah belah Indonesia dan sebagai seruan untuk mengingat persatuan adalah kunci untuk keabadian NKRI.


Berkibarlah benderaku
Lambang suci gagah perwira
Di seluruh pantai Indonesia
Kau tetap pujaan bangsa
Siapa berani menurunkan engkau
Serentak rakyatmu membela
Sang merah putih yang perwira
Berkibarlah Slama-lamanya
Kami rakyat Indonesia
Bersedia setiap masa
Mencurahkan segenap tenaga
Supaya kau tetap cemerlang
Tak goyang jiwaku menahan rintangan
Tak gentar rakyatmu berkorban
Sang merah putih yang perwira
Berkibarkah Slama-lamanya

Karangan / Ciptaan : Ibu Sud

Tidak ada komentar:

Posting Komentar